Share

Gforce

Kamis, 09 Februari 2012

Super Komputer Amazon Gunakan Prosesor 30.000 Core






Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.




Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.


Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.







Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software, dan menggunakan hardware untuk mempercepat leher botol.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.
Superkomputer memang jauh dari hingar bingar perkembangan gadget sekarang ini. Superkomputer baru dikerahkan di seluruh dunia untuk tujuan ilmiah dan pendidikan. Umumnya, mesin ini diterapkan di laboratorium pemerintah dan universitas dan hanya untuk digunakan oleh staf di lokasi tersebut.



Amazon ternyata memiliki superkomputer virtual yang ada di daftar mesin tercepat di dunia. Perbedaan besar antara superkomputer Amazon dan mesin lain pada daftar adalah bahwa mesin Amazon tidak benar-benar ada. Super komputer awan berjalan pada Elastic Compute Cloud yang artinya semua ini menyediakan akses ke super komputer virtual.







Perbedaan besar antara super komputer Amazon, yang pada intinya masih menggunakan cluster nyata dan Amazon menawarkan semuanya berjalan pada lapisan virtual.



Superkomputer ini juga menarik karena siapapun dapat menggunakannya. Inti dari ini adalah bahwa infrastruktur yang dibangun Amazon adalah begitu besar sehingga perusahaan dapat menggerakkan sebuah tenaga super. Biaya yang dikeluarkan pun tak tanggung-tanggung tentunya. Sebuah mesin virtual menggunakan prosesor 30.000 core dan biaya $ 1.279.



Sumber : http://id.wikipedia.org & www.jeruknipis.com

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Visitors

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo